TEORY KEMAGNETAN BUMI

Jika kompas kamu beri gangguan sehingga jarumnya berputar, mengapa ketika jarum kompas itu diam selalu menunjuk ke arah utara? Orang pertama yg memberikan jawaban atas pertanyaan ini adalah William Gilbert. Pada tahun 1600, ia mengusulkan bahwa bumi itu sendiri adalah sebuah magnet. Berdasarkan fakta maka Bumi bertindak seakan-akan mempunyai sebuah magnet batang besar di dalamnya, walaupun magnet seperti ini tidak sungguh-sungguh ada karena inti bumi terlalu panas.
Yang kita ketahui, jarum kompas selalu menunjuk ke arah utara, dan selalu searah dengan garis gaya magnetik. Supaya ini terjadi, garis gaya magnetik haruslah keluar dari kutub selatan goegrafi dan masuk ke kutub utara geografi. Kamu telah mengetahui bahwa garis gaya magnetik sebuah magnet selalu keluar dari kutub utara magnet dan masuk ke kutub selatan magnet. Kesimpulannya adalah :
Kutub utara dari kutub magnet batang imajiner terdapat di dekat kutub selatan geografi dan kutub selatan dari magnet batang imajiner terdapat di dekat kutub utara geografi.

Pada kenyataannya kutub-kutub magnet bumi tidak berimpit dengan kutub kutub geografi. Ini menyebabkan jarum kompas tidak tepat benar menunjukan arah utara dan selatan geografi, tetapi sedikit menyimpang.
Sudut yang dibentuk antara arah utara dan selatan georafi dengan arah utara-selatan kompas disebut sudut deklinasi. Besar sudut deklinasi berbeda-beda sesuai dengan letak suatu temapt permukaan bumi. Besar sudut deklinasi di suatu tempat juga berbeda-beda dari tahun ke tahun. Sudut yang dibentuk oleh medan magnetik di sembarang titik dengan arah horisontal permukaan bumi disebut sudut inklinasi. Di ekuator magnet bumi, sudut inklinasi adalah nol derajat, sebab medan magnetik di daerah ini berarah horisontal.



Adapun istilah-istilah lainnya, antara lain :
~ Isogon adalah garis-garis yang menghubungkan tempat-tempat yang mempunyai sudut deklinasi yang sama.
~ Agon adalah garis-garis yang mempunyai sudut deklinasi nol derajat.
~ Aklin adalah tempat yang mempunyai inklinasi terkecil nol derajat, biasa disebut katulistiwa magnet bumi.
~ Isoklin adalah garis yang menghubungkan tempat-tempat yang mempunyai sudut inklinasi yang sama.

6 komentar:

Selfianna Chandrika mengatakan...

bagus ^^~ bisa liat pe-er d sini. haha makasih

Unknown mengatakan...

Disebut garis apa yang menghubungkan tempat" di muka bumi ini yang memiliki garis inklinasi? jawab dong kak

Desy Arishanti mengatakan...

isoklin

Ilmu Apapun mengatakan...

Sebutkan nama daerah, letak, dan sudut inklinasi terkecil ?

Ilmu Apapun mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Desy Arishanti mengatakan...

kota palu, terletak di 0 derajat magnet bumi